Penyebaran Infeksi TBC Mudah Di Alami Oleh Penderita HIV

Tuberculosis yaitu penyakit menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis yang merupakan basil tahan asam dan bisa dilihat dengan pewarnaan Ziehl Neelsen berwarna karbol fuksin.

Kuman Mycobacterium ini berbentuk batang dan berukuran panjang antara 2-4 mikron dan lebar antara 0,20,5. Kuman M Tuberculosis tumbuh dengan energi yang diperoleh dari oksidasi senyawa karbon yang sederhana. Tuberculosa bisa menyerang seluruh organ tubuh, tetapi yang paling sering yaitu paru-paru.

Penyebaran Infeksi TBC Mudah Di Alami Oleh Penderita HIV

Tuberculosis ditularkan melalui droplet yang terhirup. Bakteri dapat masuk ke paru dan berkembang biak menjadi banyak terutama terhadap orang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah. Seperti penderita HIV yang daya tahan tubuhnya turun secara drastis mudah terinfeksi TB 30 kali dibandingkan orang normal.

Baca juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

TB dapat terjadi pada tahap awal infeksi HIV ketika jumlah CD4 masih di atas 200 sel/L. Daya tahan tubuh terhadap TB tergantung fungsi CD4, dimana bila terjadi defisiensi CD4 maka individu tersebut rentan terhadap infeksi TB.

Infeksi awal HIV dimulai setelah transfer cairan tubuh dari orang yang terinfeksi kepada orang yang tidak terinfeksi. Stadium awal disebut juga stadium akut atau primer, yang merupakan periode dari replikasi virus pada darah perifer dengan jumlah hingga jutaan virus per mililiternya. Respon ini berhubungan dengan turunnya jumlah CD4.

Pada fase akut sebagian besar penderita akan mengalami influenza atau mononucleus-like illnes yang merupakan manifestasi dari infeksi HIV akut. Pada penderita HIV/AIDS terjadi gangguan sel T yang akan mempengaruhi produksi limfokin dan merusak fungsi makrofag. Kerusakan makrofag akan mempengaruhi molekul antigen CD4 pada permukaannya. Hal ini akan ditandai dengan tes Mantoux yang negatif, tidak terbentuknya granulomatosa, serta adanya nekrosis kaseosa dan kavitas.

Baca Juga: dampak Polusi udara Bagi Kesehatan Paru-Paru

Kerusakan makrofag akan berpengaruh pada pertahanan tubuh terhadap TB. HIV menginfeksi sel yang memiliki molekul antigen CD4 pada permukaannya.

Dampak HIV pada TB:

  1. Meningkatkan bebas kasus TB aktif yang diakibatkan oleh HIV
  2. Angka putus obat lebih tinggi dan angka penyembuhan lebih rendah
  3. Meningkatnya reaksi efek samping pada pengobatan TB
  4. Memperlambat akses suspek TB kepada layanan kesehatan akibat stigma HIV/AIDS

Maka dari itu, bila anda mulai merasakan gejala-gejala sakit pada tubuh anda, bersegeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama dan mencegah berbagai hal penyakit serius yang dapat menginfeksi bagian tubuh anda lainnya. Semoga anda selalu diberikan kesehatan dan terimakasih telah menyimak artikel kami.

| Penyebaran Infeksi TBC Mudah Di Alami Oleh Penderita HIV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *