Macam-Macam Vaksin yang Harus Diberikan Pada Anak

Vaksinisasi merupakan investasi kesehatan untuk masa depan Anak yang bertujuan untuk melindungi seseorang dari penyakit berbahaya dan mematikan, terutama bagi bayi dan anak-anak.

Baca Juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Jenis vaksin apa saja yang harus diberikan pada anak? Berikut dibawah ini macam-macam vaksin yang harus diberikan pada anak.

Macam-Macam Vaksin yang Harus Diberikan Pada Anak

Macam-Macam Vaksin yang Harus Diberikan Pada Anak

BCG
Singkatan dari Bacille Calmette Guerin yang diberikan kepada bayi untuk mencegah penyakit tuberkulosis atau TBC yang disebabkan oleh virus tubercle bacii. Vaksin BCG diberikan satu kali saja, saat bayi berusia antara 2-3 bulan.

Hepatitis B
Vaksin ini diberikan dengan tujuan untuk mencegah masuknya virus hepatitis B yang dapat menyebabkan kerusakan hati. Biasanya diberikan sebanyak 3 kali yaitu waktu 12 jam setelah lahir, usia 1 bulan dan usia 6 bulan.

Polio
Bertujuan untuk menghindari anak dari penyakit polio dan mulai diberikan saat kunjungan pertama setelah lahir. Selanjutnya, vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berusia 2, 4 dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini diulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)
Vaksin ini diberikan untuk membentuk sistem imun bayi terhadap 3 penyakit sekaligus dan diberikan pertama kali saat bayi berusia 2 bulan. Kemudian, saat bayi berusia 4 dan 6 bulan. Ulangan vaksin DPT diberika pada usia 18 bulan dan 5 tahun

Campak
Tentunya, vaksin ini berguna untuk mencegah anak dari penyakit campak. Sebenarnya tanpa imunisasi ini pun bayi sudah mendapatkan sistem imun dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, sistem imun dari sang ibu menurun sehingga bayi memerlukan vaksin untuk bisa mencegah penyakit campak. Vaksin campak dapat diberikan saat anak berusia 9 bulan.

Rotavirus
Adalah virus penyebab umum radang lambung dan usus halus pada bayi. Sehingga, vaksin ini berguna untuk mencegah bayi terkena diare berat. Dilakukan sebanyak 3 kali pada saat bayi usia 2, 4 dan 6 bulan.

Hib (Haemophilus influenzae type B)
Vaksin ini bertujuan untuk melindungi anak dari virus Haemophilus influenzae type B yang dapat menyebabkan penyakit meningitis atau radang selaput otak, pneumonia, dan infeksi pada katup pita suara dan tabung suara. Vaksin ini diberikan pada usia 2, 4, 6 dan antara 15-18 bulan.

PCV (Pneumokokus)
Bertujuan untuk melindungi tubuh bayi dari bakteri pnemukokus yang bisa menyebabkan meningitis, pneumonia, dan infeksi telinga. Dan biasanya diberikan pada usia 2, 4, 6 bulan, serta antara 12-15 bulan.

Influenza
Vaksin influenza dapat melindungi dari bayi dari influenza, yaitu penyakit menular yang menyerang saluran napas. Adapun penyebab penyakit ini adalah virus influenza tipe A, B dan C. Vaksin ini biasanya diberikan setahun sekali sejak usia 6 bulan

MMR (Measles, Mumps, Rubella)
Vaksin ini bertujuan untuk melindungi dari virus campak, gondongan dan rubella. Dan biasanya diberikan pada usia 15 bykabm dab duykabg saat usia 6 tahun.

Tifoid
Bertujuan untuk melindungi dari bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan penyakit tipes. Vaksin ini diberikan pada usia diatas 2 tahun dan diulang setiap 3 tahun.

Hepatitis A
Vaksin hepatitis A bertujuan melindungi bayi dari virus Hepatitis A, yang dapat menyebabkan penyakit hati. Vaksin ini biasanya diberikan di atas usia 2 tahun sebanyak dua kali dengan interval 6 – 12 bulan.

Varisela
Vaksin varisela melindungi bayi dari penyakit cacar air, biasanya diberikan pada anak ketika usianya di atas 1 tahun, namun lebih baik diberikan sebelum masuk sekolah dasar.

HPV (Human Papiloma Virus)
Vaksin HPV melindungi dari Human Papiloma Virus yang dapat menyebabkan kanker mulut rahim. Vaksin ini biasanya diberikan pada anak di atas usia 10 tahun sebanyak 3 kali dengan jadwal 0, 1-2 bulan kemudian, dan 6 bulan kemudian.

Baca Juga: Cara Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Itulah 14 jenis vaksin yang wajib diberikan pada bayi untuk menjaga kesehatan bayi di masa depan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

| Macam-Macam Vaksin yang Harus Diberikan Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *