Kenali Bahaya Terlalu Sering Tidur di Lantai

Tidur di lantai memang memberikan manfaat berupa:

  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Mencegah insomnia
  • Meningkatkan postur tubuh
  • Mengurangi sakit bahu
  • Mencegah nyeri punggung bawah
  • Relaksasi
  • Menghilangkan rasa gelisah

Tidak sedikit manfaat yang diberikannya, namun meski demikian penting untuk Anda ketahui pula mengenai dampak buruk tidur di lantai. Selain itu, kenali juga jenis penyakit yang bisa diakibatkan oleh terlalu sering tidur di lantai tanpa alas. Berikut dibawah ini, kami infokan beberapa hal penting yang harus Anda ketahui untuk mewaspadai timbulnya penyakit tertentu.

Bahaya dan Penyakit yang di Akibatkan Tidur di Lantai

Kenali Bahaya Terlalu Sering Tidur di Lantai keramik

Penyakit paru-paru
Terlalu sering tidur dilantai tanpa menggunakan alas dapat memicu timbulnya penyakit paru-paru terutama penyakit paru-paru basah. Paru-paru basah disebabkan oleh adanya cairan pada rongga paru. Namun, sebenarnya jenis penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri.

Pada umumnya, hal ini terjadi disebabkan oleh kondisi lantai yang kurang bersih, sehingga memudahkan bakteri, virus, kuman masuk kedalam tubuh. Bakteri bisa dengan cepat masuk kedalam paru-paru dan menyebabkan peradangan. Apabila peradangan sudah terjadi, maka biasanya akan timbul batuk, pusing, hilang nafsu makan, tubuh menjadi kurus dan terlihat lemah. >> infeksi tbc kelenjar

Sinusitis
Tidur dilantai dapat memberikan sensasi dingin yang diakibatkan dari lantai tersebut. Rasa dingin yang terlalu besar inilah yang dapat menyebabkan gangguan sinusitis. Gejala awalnya sama seperti influenza yaitu sakit kepala, hidung tersumbat, cairan dari hidung yang berlebihan, bersin-bersin. Jika gejala ini ditemukan pada Anda, sebaiknya segeralah untuk mendapatkan perawatan yang tepat karena peradangan pada rongga sinus bisa menjadi lebih parah bila dibiarkan. Selain itu, sinusitis juga dapat menimbulkan komplikasi penyakit seperti asma, penyakit meningitis dan risiko gangguan pada otak seperti stroke dan aneurisma.

Masuk angin
rasa dingin yang secara langsung mengenai tubuh dapat menimbulkan masuk angin dan menimbulkan gejala berupa meriang, demam dan sakit kepala. Selain itu, pada kasus lainnya masuk angin juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, muntah dan diare. Tentu saja, kondisi seperti ini dapat menimbulkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit lainnya. Sehingga, sebaiknya Anda hindari tidur dilantai.

Sakit punggung
Hal ini disebabkan karena tulang dan semua otot tubuh tidak bisa santai sepanjang waktu Anda beristirahat. Lantai yang terlalu keras akan memaksa tulang dan otot untuk berada dalam posisi yang memaksakan. Apabila hal ini terus dilakukan maka dapat menimbulkan kelainan pada bentuk tubuh Anda.

Selain penyakit-penyakit diatas, Anda juga dapat mengalami gangguan tidur dan meningkatkan risiko kena gigitan serangga. Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari tidur dibawah lantai, selain untuk menjaga kesehatan tentunya untuk menjaga agar Anda terhindar dari gigitan serangga juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *