Jenis Penyakit yang Mengganggu Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid atau tiroid adalah kelenjar berukuran besar bila dibandingkan dengan kelenjar-kelenjar lainnya. Letak dari kelenjar tiroid ini terdapat pada bagian dalam leher, menempel pada trakea di bawah laring. Kelenjar ini mengandung hormon tiroksin dan hormon triiodotironin. Kedua hormon tersebut berpengaruh pada pertumbuhan, perkembangan, serta laju metabolisme. Untuk menghasilkan kedua hormon tersebut, kelenjar tiroid giat menyerap yodium dari darah. Jika makanan yang kita konsumsi tidak cukup mengandung yodium, maka akan mengakibatkan kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid.

Baca juga: Obat Infeksi TBC

Kelenjar tiroid juga sering mengalami masalah kesehatan, banyak jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid, berikut ini jenis penyakit yang mengganggu kesehatan kelenjar tiroid, diantaranya yaitu:

Jenis Penyakit yang Mengganggu Kesehatan Kelenjar Tiroid

  • Gondok

Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid. Penyakit gondok seringkali diakibatkan oleh peningkatan sekresi hormon tirotropik kelenjar pituitaria dalam responnya terhadap penurunan kadar hormon tiroid dalam sirkulasi. Pembesaran tiroid ini juga bisa diakibatkan dari proses infiltratif yang dapat berupa radang atau neoplastik. Pada beberapa wanita yang sedang hamil juga bisa mengalami pembengkakan kelenjar tiroid ini. Namun kondisi tersebut akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Pembengkakan kelenjar tiroid ditandai dengan munculnya benjolan di tengah atas leher depan, di tempat kelenjar gondok atau tiroid berada. Umumnya, penderita pembengkakan kelenjar tiroid ini mudah gugup dan jantung terasa berdebar-debar.

  • Kretinisme

disebabkan oleh kekurangan tiroksin. Gejala yang timbul diantaranya yaitu: tubuh yang berukuran pendek dan gemuk (kerdil) serta memiliki tingkat intelegensi yang rendah (keterbelakangan mental). Penyakit kretinisme dapat disembuhkan dengan pemberian suntikan tiroksin.

  • Miksidema

Adalah penyakit kekurangan tiroksin pada tubuh orang dewasa. Gejala yang timbul diantaranya: tubuh yang lesu, terjadi kelebihan berat badan, kebotakan, denyut nadi yang lemah, temperatur tubuh yang rendah, serta kulit yang terasa kasar. Penyakit miksedema pada orang dewasa ini bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi tiroksin atau jaringan tiroid kering.

  • Struma

Adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi pada kelenjar gondok. Penyebab dari penyakit struma ini antara lain adalah adanya peradangan, tumor, atau bisa juga disebabkan karena kekurangan yodium. Penyakit struma ini biasanya menimbulkan benjolan pada leher bagian depan. Bila benjolan semakin membesar, maka penyakit struma ini bisa diobati dengan cara operasi pengangkatan.

  • Hipertiroid

Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun yang disebut dengan penyakit graves, pengeluaran abnormal dari TSH atau thyroid stimulating hormone, tiroiditis atau peradangan kelenjar tiroid, dan konsumsi yodium yang berlebihan

  • Hipotiroid

Disebabkan oleh gangguan hipofisis di otak, kekurangan yodium berat dan faktor keturunan. Bisa juga terjadi akibat efek samping terapi pengobatan hipertiroid seperti misalnya: obat-obatan, operasi dan terapi penyinaran radioaktif.

  • Kanker Tiroid

Adalah penyakit ganas yang paling sering ditemukan pada sistem endokrin. Untungnya, hanya 5 % saja jenis kanker yang ganas dan merupakan jenis kanker yang paling lambat perkembangannya. Penderitanya memiliki tingkat survival tertinggi, hingga mencapai 90%.

Baca Juga: Waspada, Bahaya TBC Kelenjar Pada Anak

Itulah beberapa jenis penyakit yang mengganggu kesehatan kelenjar tiroid seseorang. Jagalah kesehatan anda dengan menerapkan pola hidup dan makan yang baik.

 

| Jenis Penyakit yang Mengganggu Kesehatan Kelenjar Tiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *