Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Sebelum menjelaskan mengenai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, berikut ini kami penjelasan mengenai apa itu penyakit infeksi.

Baca Juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism).

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Infeksi terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti, bakteri, kuman, virus, jamur, dll. Dan berikut ini jenis bakteri yang menimbulkan berbagai penyakit, diantaranya ialah

  • Bakteri Pseudomonas Aeruginosa

Bakteri tersebut masuk kedalam jaringan tubuh, sehingga menyebabkan infeksi seperti infeksi paru-paru, infeksi kornea, dan infeksi traktus urinarius. Jenis infeksi ini sering menyerang seseorang yang menderita penyakit diabetes dan mereka-mereka yang sering mengkonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba).

  • Bakteri Vibrio Cholera

Bakteri yang menyebabkan penyakit cholera asiatica. Gejalanya seperti diare, muntah, kejang dibagian perut dan nausea. Bahkan dapat menimbulkan kematian. Penyebarannya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Baca Juga: Kebiasaan dan Cara Sehat Membersihkan Organ Paru-Paru

  • Bakteri Vibrio El Tor

Ditularkan melalui gigitan tikus dan menimbulkan gejala seperti demam secara mendadak, nyeri pada otot dan persendian, ruam pada kulit, mengalami peradangan pada kelenjar getah bening serta sakit kepala.

  • Bakteri Escherichia Coli atau E. Coli

Penyebab penyakit pada saluran pencernaan seperti tipes, disentri, diare dan cacingan. Bakteri ini dapat berkembang biak di dalam air, sehingga jika terkena pada seseorang dapat menyebabkan terserang salah satu penyakit tersebut.

Pada umumnya, bakteri ini juga sering menyerang bayi dan anak balita sehingga menyebabkan penyakit pneumonia, endokarditis atau penyakit meningitis.

  • Bakteri Salmonella Typhi

Menyebabkan terjadinya penyakit typus abdominalis yang menimbulkan gejala demam tinggi mencapai 40 derajat Celcius, badan terasa lemah, apatis, anoreksia dan sering menderita sakit kepala. Sebagian orang yang terinfeksi bakteri ini menyebabkan diare yang berkepanjangan.

  • Bakteri Shigella Dysenteriae

Menyebabkan penyakit disentri basiler yang ditandai dengan demam tinggi mendadak, sakit perut bawah, diare yang bercampur dengan lendir dan darah. Bila tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kematian.

  • Staphylococcus aureus

Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi bernanah dan abses, infeksi pada folikel rambut dan kelenjar keringat, bisul, infeksi pada luka, meningitis, endokarditis, pneumonia, pyelonephritis, osteomyelitis. pencegahan dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh, hygene pribadi, dan sanitasi lingkungan.

  • Streptococcus pneumonia

Merupakan bakteri penyebab penyakit pneumonias, sinusitis, otitis media, mastoiditis, conjuctivis, meningitis, endocarditis. Sebenarnya merupakan flora normal oropharinx, tetapi dapat menjadi berbahaya pada manusia yang daya tahan tubuhnya menurun.

Sebenarnya, masih banyak lagi beberapa bakteri yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri supaya kita terhindari dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, kuman atau bahkan penyebab penyakit lainnya.

| Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Infeksi Bakteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *