Ini Dia Keuntungan Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Aerobik adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut. Senam aerobik memilki berbagai manfaat bagi kesehatan tidak hanya untuk kebugaran tubuh tetapi juga bisa bermanfaat untuk fungsi kognitif dan emosi yang tentunya akan membuat anda lebih produktif. Senam aerobik dapat dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:

> Low impact aerobic yaitu senam aerobic gerakan ringan
> High impact aerobic yaitu senam aerobic gerakan kasar
> Aerobik dance yaitu senam aerobic yang dilakukan dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.

Aerobik merupakan latihan yang melibatakan grup otot besar untuk tetap aktif bergerak selama latihan seiring dengan detak jatung yang meningkat maka suplai oksigen akan meningkat pula sehingga bisa memperkuat otot daya tahan serta stamina tubuh. Kebanyakan orang menyukai aerobik karena termasuk olahraga kelompok yang membuat seseorang lebih termotivasi atau semangat untuk melakukanya.

Artikel terkait: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Pada dasarnya gerakan aerobic agar jantung terpompa lebih cepat dari pada biasanya dan membuat anda bernafas lebih cepat, mempekerjakan jantung dengan cara ini akan membuatnya lebih kuat dan lebih efisien dalam membantu sirkulasi udara. Dan ini dia keuntungan senam aerobic bagi kesehatan.

Ini Dia Keuntungan Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Ini Dia Keuntungan Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Meningkatkan fungsi jantung
Senam aerobic yang dilakukan secara rutin akan lebih meningkatkan fungsi jantung sehingga jantung Anda juga lebih sehat.

Melawan depresi
Dengan sering melakukan senam aerobic akan terhindar dari depresi karena olahraga mampu meningkatkan mood seseorang dan bisa menstimulasi perasaan senang atau euphoria dalam tubuh.

Meningkatkan kinerja paru-paru
Seperti olahraga pada umumnya dengan rutin melakukan senam aerobic akan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga tubuh Anda akan lebih sehat.

Mengurangi penurunan kognitif
Senam aerobic bisa mengurangi kognitif seperti penurunan dalam proses mental seperti memori kerja dan perencanaan,

Mencegah berbagai penyakit
Senam aerobic juga bisa bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti kolesterol, diabetes, tekanan darah, dll.

Membentuk tubuh dan mengurangi berat badan
Senam aerobic juga akan membantu membentuk tubuh lebih sempurna dan juga bisa mengurangi berat badan Anda.

Menguatkan otot dan tulang
Meningkatnya kekuatan otot akan meningkatkan kekuatan tulang Anda.

Meningkatkan energi
Dengan melakukan aerobic selama 20 menit maka energi akan meningkat sebesar 20% dan hal tersebut dapat terjadi karena ketika melakukan aerobic suplai oksigen tubuh dan energi ikut meningkat.

Mengendalikan kadar gula darah
Jumlah kolesterol baik yang meningkat akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula darah.

Namun meski demikian, melakukans enam aerobic juga harus memperhitungkan beberapa faktor yaitu intensitas latihan, lama latihan, frekuensi latihan, gejala fisik awal latihan, makan dan minuman yang dikonsumsi agar efeknya sangat mudah dirasakan oleh tubuh Anda.

| Ini Dia Keuntungan Senam Aerobik Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *