Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Paru-paru

Polusi udara dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan iritasi pada organ sistem pernapasan seperti hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan bersin-bersin. Selain itu, polusi juga dapat memperburuk penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, dan emfisema. Menurut WHO menyatakan bahwa polusi udara sebagai masalah lingkungan terbesar yang memberi dampak signifikan pada kesehatan manusia.

Baca Juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Dengan mengurangi tingkat polusi udara, sebuah negara dapat mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, kanker paru-paru, serta masalah pernapasan kronis maupun akut seperti asma, di antara penduduk. Dan berikut dibawah ini beberapa dampak polusi udara bagi kesehatan paru-paru.

Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Paru-paru

Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Paru-paru

  • Nitrogen Dioksida atau NO2

Nitrogen Dioksida atau NO2 muncul dari proses pembakaran (pemanasan, pembangkit listrik, mesin kendaraan dan kapal). Terpapar NO2 secara terus menerus dapat meningkatkan gejala bronkitis pada anak-anak penderita asma. NO2 juga dapat mengurangi fungsi paru-paru.

  • Unsur-unsur partikel

Komponen partikel di udara terdiri atas sulfat, nitrat, ammonia, natrium klorida, dan debu mineral. Jika terpapar oleh kombinasi unsur-unsur tersebut secara terus-menerus, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan pernapasan seperti kanker paru-paru.

  • Ozon

Jangan samakan ozon di permukaan tanah dengan lapisan ozon di atmosfer. Walau pada lapisan atmosfer ozon berfungsi sebagai penangkal cahaya ultraviolet (UV), pada permukaan bumi ozon termasuk polusi. Ozon di permukaan bumi terbentuk ketika cahaya matahari memicu reaksi kimia antara unsur-unsur polusi. Polusi ozon dapat mengurangi fungsi paru-paru, memicu asma, dan penyakit paru-paru lainnya.

  • Sulfur Dioksida atau SO2

Sulfur dioksida atau SO2 dapat menyebabkan inflamasi pada saluran pernapasan sehingga memicu gejala batuk-batuk berdahak. Menghirup unsur ini juga meningkatkan risiko seseorang terserang infeksi pada sistem pernapasannya dan memperparah kondisi asma serta bronkitis. Sulfur dioksida dihasilkan dari pembakaran batu bara dan bensin.

Baca Juga: Buah-buahan Untuk Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

Udara meski terlihat bersih, namun sebenarnya banyak mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya anda menggunakan masker pernapasan atau menanam pohon atau tanaman yang berguna untuk membersihkan udara.

| Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Paru-paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *