Dampak Buruk Penggunaan Rokok Elektrik Bagi Tubuh

Rokok elektrik adalah sebuah inhaler atau alat hirup berbasis baterai yang memberikan nikotin, yang disebut oleh WHO sebagai sistem pengiriman elektronik nikotin. Rokok elektrik ini menggunakan listrik dari tenaga baterai untuk memberikan nikotin dalam bentuk uap sehingga dikenal dengan sebutan Electronic Nicotine Delivery System (ENDS).

Baca Juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitkangkes) Kementerian Kesehatan menjelaskan dalam siaran persnya bahwa larutan nikotin yang terdapat pada rokok elektrik memiliki komposisi yang berbeda-beda dan secara umum ada 4 jenis campuran. Namun semua jenis campuran tersebut megnandung nikotin, propilen glikol. Lantas apa saja dampak buruk penggunaan rokok elektrik bagi tubuh? Ini dia

Dampak Buruk Penggunaan Rokok Elektrik Bagi Tubuh

Dampak Buruk Penggunaan Rokok Elektrik Bagi Tubuh

Rokok terbakar
Rokok elektrik adalah rokok yang menggunakan bantuan baterai untuk memanaskan elemen yang menjadikan liquid berubah menjadi asap. Apabila arus yang dihasilkan baterai atau terjadi suatu kesalahan akan membuat elemen pemanas menjadi terbakar. Sekecil apapun kapasitas baterai dan arus listrik yang dihasilkan, namun efek ledakan yang terjadi akan sangat membahayakan diri Anda sendiri.

Kadar nikotin yang tidak menentu
Sebenarnya di Indonesia sendiri penetapan tentang aturan rokok elektrik ini belum ada, sehingga banyak pedagang nakal yang membuat larutan atau liquid sendiri. Nikotin adalah zat berbahaya yang dapat mematikan apabila kadarnya terlalu tinggi. Ada sebagian penjual mengklaim bahwa liquid yang dijualnya tidak mengandung nikotin dan tar, apakah bisa dipercaya dan benar? Tidak!. Banyak penjual yang mencampurkan nikotin pada liquid yang dibuatnya. Kadarnya pun cuma dikira-kira. Lalu bagaimana kalau kadar nikotinnya terlalu tinggi? Bisa dibayangkan oleh Anda, betapa bahayanya hal itu.

Merusak paru-paru
Asap rokok yang dihasilkan rokok elektrik berasal dari liquid yang dihasilkan oleh campuran zat-zat seperti propilen glikol, gliserin, nikotin dan perasa. Asap akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan iritasi pada paru-paru manusia, bahkan pada penggunaan jangka panjang ini bisa menyebabkan kanker bagi pengisapnya.

Penyakit jantung
Asap ketika didalam tubuh akan masuk kedalam saluran peredaran darah. Asap akan mengikat oksigen, sehingga pasokan oksigen keseluruh tubuh menjadi terganggu. Dampak yang ringan biasanya hanya pusing-pusing. Tetapi apabila hal ini terus berlanjut, kemungkinan akan teserang penyakit jantung.

Tidak hanya itu, perlu Anda ketahui WHO selaku Badan Kesehatan di Dunia menyarankan agar tidak menghisap E Cigaret ini di dalam ruangan karena walaupun tidak mengeluarkan asap layaknya rokok normal, namun rokok elektronik ini mengeluarkan uap yang jauh lebih berbahaya bagi kesehatan Anda dan para perokok pasif.

| Dampak Buruk Penggunaan Rokok Elektrik Bagi Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *