Cara Untuk Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Kurangnya pasokan oksigen dalam darah dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Oksigen yang dihisap dari udara bebas dalam prosesnya bercampur dengan darah kemudian meluncur ke setiap bagian sel dan jaringan di dalam tubuh. Akan tetapi, jika tingkat oksigen dalam darah sangat rendah, hal ini akan dapat menjadi penyebab dari banyak gangguan kesehatan.

Artikel Terkait: Obat Infeksi TBC

Tingkat jenuh oksigen normal dalam darah adalah antara 95% sampai 100%. Dan jika tingkat oksigen kurang dari 90%, maka hal ini dianggap termasuk rendah. Untuk itu, kita seharusnya mengetahui cara untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, untuk membuat tingkat pasokan oksigen yang memadai. Selain itu, hal tersebut juga akan diperlukan oleh otak, yang mengkonsumsi sekitar 12% dari jumlah oksigen yang dikonsumsi oleh tubuh manusia.

Cara Untuk Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Cara Untuk Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Hipoksia adalah kondisi dimana kadar oksigen dalam darah terlalu rendah. Penyakit yang ada hubungannya dengan pernafasan seperti penyakit paru-paru obstruktif kronis, pneumonia, sleep apnea. Hal ini merupakan beberapa penyebab mengapa kadar oksigen dalam darah menjadi begitu rendah.

Pengobatan medis akan tergantung atas penyebab rendahnya tingkat oksigen di dalam darah. Meski begitu, terdapat beberapa cara menambah tingkat oksigen dalam darah yang sederhana dengan melakukan beberapa perubahan pada pola hidup keseharian. Berikut dibawah ini beberapa tips untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Mencari udara sehat
Menghindari orang-orang yang merokok adalah salah satu cara terbaik untuk hal ini. Bahkan jika perlu, Anda harus berhenti merokok juga. Pakailah masker setiap kali Anda melewati daerah yang kotor dan penuh polusi udara. Buatlah rumah atau tempat kerja dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman di rumah Anda dapat menjadi pilihan yang cukup bagus, hal ini dikarenakan tanaman menghasilkan oksigen dan mengkonsumsi karbon dioksida.

Olahraga rutin
Olahraga selain bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh, tetapi juga dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kadar oksigen di dalam darah. Jalan cepat secara normal setiap hari selama sekitar setengah jam, hal ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen didalam darah. Aktivitas olahraga dapat membuat otak dan tubuh melakukan permintaan oksigen yang lebih tinggi, sebagai akibat di mana tubuh meningkatkan aliran darah dalam memasok oksigen lebih banyak untuk keperluan sel-sel tubuh. Tidak hanya itu, senam pernafasan juga terbukti mampu membantu paru-paru dalam menghirup oksigen dengan lebih baik.

Menurunkan Berat Badan
Umumnya orang yang memiliki masalah berat badan seringkali lebih rentan mengalami masalah oksigen rendah dalam darah. Akan tetapi, jika Anda melakukan tindakan pencegahan dan olahraga yang teratur setiap hari, maka Anda dapat dengan mudah memiliki berat badan dalam kisaran normal. Hal ini akan membuat kadar oksigen dalam darah menjadi tercukupi.

Konsumsi makanan peningkat kadar oksigen
Salah satu upaya meningkatkan kadar oksigen yaitu dengan menghindari semua makanan berlemak dan makanan siap saji. Para ahli kesehatan menganggap bahwa pola makan yang melibatkan buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian dan bentuk lain dari karbohidrat kompleks dapat membuat sirkulasi darah yang lebih baik, sehingga dapat mengangkut oksigen untuk kebutuhan sel tubuh. Mengkonsumsi makanan yang tinggi tingkat kalsium, vitamin F, vitamin C, dan vitamin E. Hal ini telah terbukti bertindak sebagai pelindung sel darah dalam membawa oksigen dan memerangi radikal bebas. Meski begitu, Anda juga harus berkonsultasi dengan spesialis kesehatan sebelum mulai mengkonsumsi suplemen.

Nah, jadi itulah beberapa cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah yang bisa Anda lakukan dirumah. Semoga artikel ini membantu Anda dan semoga diberikan kesehatan.

| Cara Untuk Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *