Cara Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan gumpalan jaringan, kira-kira seukuran kacang dan menjadi rumah bagi banyak sel darah putih. Kelenjar getah bening terdapat diseluruh tubuh dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan karena tubuh merespons terhadap infeksi atau peradangan. Kelenjar getah bening juga bisa membengkak dalam penyakit autoimun seperti rematoid arthritis dan kanker. Pembengkakan akan pulih dengan sendirinya bila disebabkan oleh infeksi yang ringan.

Baca Juga: Obat Infeksi Kelenjar

Pada umumnya, pembengkakan kelenjar getah bening terjadi pada daerah ketiak, bawah dagu, pangkal paha dan leher. Adapun beberapa gejala atau kondisi yang menandakan Anda perlu perawatan dan pemeriksaan dokter, diantaranya yaitu:

  • Kelenjar terasa keras saat ditekan
  • Kelenjar membengkak tanpa sebab yang jelas, terutama ketika kondisi Anda sedang bugar.
  • Kelenjar telah membengkak lebih dari 2 minggu
  • Demam yang tak kunjung mereda
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan dan bernapas.

Cara Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Cara Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Jika Anda menemukan beberapa gejala seperti diatas, segera periksakan secara medis atau ambil tindakan dengan pengobatan alternatif dari bahan-bahan alami, seperti misalnya:

  • Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan. Maka karena itulah bawang putih menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi kelenjar getah bening bengkak.

  • Memijat dengan lembut

Pijatan lembut dapat membuat kelenjar menjadi lebih tenang dan mengurangi pembengkakan. Maka karena itu, gerakan memijat kelenjar yang sedang bengkak bisa menjadi alternatif pengobatan Anda.

  • Madu

Madu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi peradangan penyebab infeksi. Sehingga, jika Anda berminat untuk melakukan pijatan lembut, Anda bisa dengan menggunakan madu.

  • Susu dan kunyit

Susu dan kunyit merupakan kombinasi alami yang baik untuk meringankan peradangan karena bersifat anti inflamasi atau anti peradangan.

  • Kompres air hangat

Selain di pijat, Anda juga bisa mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Suhu yang hangat akan meningkatkan sirkulasi darah di daerah yang bengkak serta mengurangi rasa sakit karena bengkak.

Baca Juga: Daftar BuaH-Buahan Untuk Penderita Paru-Paru Basah

Jadi itulah beberapa cara alami atasi pembengkakan kelenjar getah bening, apabila Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, Jangan langsung berburu minum obat, cobalah dulu dengan alternatif pengobatan diatas, atau Anda juga bisa mengonsumsi suplemen herbal Ace Maxs yang dibuat dari ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak serta dipadukan dengan beberapa bahan herbal lainnya seperti madu, bunga rosella dan buah apel. Khasiatnya telah terbukti mampu mengatasi benjolan dan pembengkakan.

Info mengenai penjelasan khasiat Ace Maxs, bisa di lihat disini >> Khasiat Ace Maxs

| Cara Alami Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *