Buah-Buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Pada umumnya, penderita TBC mengalami kekurangan gizi. Kurangnya asupan protein dalam makanan ini dapat berdampak buruk bagi tubuh, terutama dalam melawan penyakit tersebut. Sedangkan untuk melawan penyakit, dibutuhkan gizi dan nutrisi seimbang pada pasien tbc.

Baca Juga: Jenis Penyakit yang Mengganggu Kesehatan Kelenjar Tiroid

Risiko dan Gejala TBC dapat dicegah dan dikurang dengan cara mengkonsumsi makanan kaya vitamin B, zat besi, antioksidan dan menjauhi berbagai macam makanan olahan seperti gula dan roti putih. Dengan mengkonsumsi suplemen dan obat infeksi tbc yang tepat, pasien tbc dapat hidup normal kembali dengan berat badan ideal.

Untuk memenuhi asupan nutrizi dan gizi seimbang, berikut dibawah ini buah-buahan segar untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Buah-Buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Buah-Buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

  • Buah Jeruk

Buah yang satu ini telah dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi sehingga mampu membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru-paru. Tidak hanya buah jeruk, namun juga buah lemon dan limau juga secara alami memiliki anti inflamasi atau anti peradangan yang membantu mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti asma. Vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kornik pada perokok.

  • Buah Berry

Seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry memiliki kandungan resveratrol fitokimia yang kuat dan secara alami memiliki kandungan antiinflamasi atau peradangan, anti pembekuan darah, meningkatkan memroi, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat stress oksidatf yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Menurut Paul Gross PhD, dalan bukunya “Super Fruits”, mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 20%. Berries juga tinggi anthocyanin yang dapat membantu mengurangi kanker paru – paru dan saluran pencernaan.

  • Buah Tomat dan Apel

Dengan mengkonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini disebabkan oleh adanya phytochemical yang terdapat pada kulit buah tersebut. Zat ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi saluran nafas dari iritasi eksternal, seperti: polusi dan asap rokok. Selain itu, tomat juga kaya dengan beta karotein, vitamin A dan likopen yang membantu memelihara kesehatan mata.

Nah, jadi itulah beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan paru-paru anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak artikel kami di hari ini.

| Buah-Buahan Segar Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *