Bahaya Terlalu Sering Makan Popcorn Bagi Kesehatan

Popcorn atau berondong jagung adalah salah satu makanan ringan yang biasanya menemani kita saat menonton film di bioskop. Namun, kita harus waspada bila ingin menyantap seporsi popcorn yang diolah secara modern dengan microwave, sebab bahan makanan ini mengandung cukup banyak zat kimia penyebab kanker.

Sebuah study yang dilakukan oleh sekelompok kesehatan Amerika Serikat menemukan, kandungan dalam butiran jagung menyamai 30 sendok teh gula. Ulasan itu begitu mengejutkan pakar kesehatan gizi ketika menemukan, kandungan gula dalam butir jagung lebih tinggi dibandingkan satu kaleng air minuman berkarbonasi yaitu tiga sendok teh gula.

Baca Juga: Macam-Macam Vaksin yang Harus di Berikan Pada Anak

Ulasan mengejutkan itu menemukan, jumlah kalori yang terkandung dalam setiap hidangan 225 gram butir jagung adalah sebanyak 1214 kalori atau sekitar setengah dari jumlah kalori yang dibutuhkan seorang wanita yaitu sekitar 2000 kalori.

Selain menyebabkan kanker, terlalu sering makan popcorn juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit. Berikut ini bahaya terlalu sering makan popcorn bagi kesehatan.

Bahaya Terlalu Sering Makan Popcorn Bagi Kesehatan

Bahaya Terlalu Sering Makan Popcorn Bagi Kesehatan

Pemicu obesitas

Popcorn mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sehingga, apabila terlalu sering mengonsumsinya maka kandungan lemak jenuh yang ada dapat menyebabkan obesitas.

Mengganggu sistem pencernaan

Popcorn mengiritas saluran pencernaan. Bila terlalu sering, maka pencernaan dalam bahaya, dan kita membutuhkan makanan tinggi serat agar pencernaan berfungsi seperti semula.

Kadar garam yang tinggi

Kandungan kadar garam yang tinggi pada popcorn dapat memicu seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Memicu penyakit paru-paru

Zat diacetyl yang terdapat pada popcorn dapat memicu penyakit paru-paru sehingga membuat Anda kesulitan bernapas karena kondisi paru-paru Anda yang terganggu. Baca Juga: Obat Infeksi TBC Kelenjar

Menyebabkan timbulnya penyakit kanker

Pada proses pembuatan popcorn biasanya dilapisi oleh plastik yang tentu saja mengandung bahan kimia berbahaya. Nah, bahan kimia inilah yang nantinya akan memicu timbulnya penyakit kanker.

Jadi itulah dampak buruk bagi kesehatan terlalu sering mengonsumsi popcorn. Jika memang Anda suka, sebaiknya konsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

| Bahaya Terlalu Sering Makan Popcorn Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *