5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Pria

Kanker adalah penyakit yang berbahaya dan bersifat membunuh. Kanker tidak bisa diprediksi dan terkadang sudah menyebar ke banyak organ tubuh. Meski wanita berisiko tinggi untuk terkena kanker, namun pria lebih memiliki risiko besar untuk meninggal akibat kanker dibandingkan dengan perempuan.

Berikut ini dilansir dari medicaldaily.com merangkum 5 jenis kanker yang sering menyerang pria.

5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Pria

5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Pria

Kanker paru-paru
Jenis kanker ini menjadi pembunuh nomor satu. Sekitar 14% perokok berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ini. Jenis kanker ini ditandai dengan adanya pertumbuhan sel abnormal di paru yang tidak terkendali dan kemudian mengganggu fungsi paru.

Namun, adapun cara mencegah penyakit kanker paru-paru adalah sebisa mungkin untuk tidak merokok dan menghindari asap rokok.

Kanker prostat
Kanker prostat menempati urutan kedua yang paling banyak membunuh kaum adam (pria). Kanker prostat dimulai ketika sel-sel kelenjar prostat mulai tumbuh tak terkendali. Hampir semua jenis kanker prostat adalah adenocarcinoma atau berkembang dari sel kelenjar. Mereka yang berisiko tinggi untuk terkena jenis kanker ini adalah yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita kanker, terlalu banyak mengonsumsi junk food, mengalami obesitas dan perokok.

Kanker usus besar
Kanker usus menempati urutan ketiga sebagai kanker pembunuh yang sering dialami pria. Kanker jenis ini berawal dari rektum, bagian usus besar yang paling dekat dengan anus. Sel kanker kemudian terus tumbuh dan membelah.

Pria dengan usia 21 tahun sagnat berisiko tinggi terkena kanker usus besar. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi junk food dan minuman beralkohol turut meningkatkan risiko untuk terkena kanker usus besar.

Kanker kandung kemih
Kanker ini berada di urutan keempat sebagai kanker pembunuh pada pria. Umumnya 9 dari 10 penderita kanker kandung kemih adalah mereka yang berusia lebih dari 55 tahun.

Sel kanker ini bisa menyebar melalui lapisan di dalam dinding otot kandung kemih. Sedangkan, kanker kandung kemih invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening, organ lainnya di panggul atau organ lain dalam tubuh seperti, hati atau paru-paru.

Kanker kulit
Selain ke empat jenis kanker diatas, kanker kulit juga sering dialami oleh pria kebanyakan dan menjadi kanker paling umum yang menyerang tubuh pria dengan usia diantara 15 hingga 39 tahun. Bahkan kanker kulit pada pria memiliki risiko tinggi yang mencapai 55% dibandingkan wanita.

Kanker kulit terjadi lantaran perkembangan sel abnormal di sel kulit akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, penggunaan krim tabir surya menjadi cara sederhana nan terbaik untuk menghindari kanker kulit.

Itulah 5 jenis kanker yang sering menyerang pria. Dengan memiliki sedikit pemahaman mengenai kanker, semoga menjadi cara terbaik bagi Anda dalam mengunrangi risiko terinfeksi penyakit dalam tubuh Anda. Selain itu, dengan melakukan pemahaman sejak dini juga semoga bisa meminimalisir kematian akibat kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *